Rabu, 24 Juli 2013

UAS TIK 012 011 0016 Laras Gemilang Al-Qarani Adhiputri PAI/2 K


Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
PAI 2/K
Dosen; Prof. Dr. H Wina Sanjaya, M.pd
Atep Iman, Spd


Soal:
1.                  Jelaskan konsep dasar TIK ?
2.                  Apa yang Anda ketahui tentang TIK berbasis komputer ?
3.                  Apa yang dapat dimanfaatkan dari internet untuk menunjang pembelajaran ?
4.                  Jelaskan posisi TIK dalam pembelajaran ?
5.                  Tuliskan pemahaman Anda mengenai TIK ?

Jawaban:
1.                  Konsep dasar TIK
Dalam materi pembekalan Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi  ada 3 (tiga) konsep dasar TIK yang harus dipahami dengan benar sehingga dalam prakteknya tidak terjadi kekeliruan. Ketiga konsep tersebut adalah sebagai berikut:

A.                Konsep Teknologi
Dalam konsep teknologi ini ada 3 bentuk yang bisa dipahami, yaitu :
·                     Teknologi sebagai Ide, yaitu teknologi yang ada dalam pikiran dalam bentuk ide-ide ketika memikirkan, merasakan akan melakukan sesuatu.
·                     Teknologi sebagai Proses Rancang Bangun, yaitu teknologi yang terlihat ketika kita melakukan atau mengerjakan sesuatu proses yang dipikirkan sebelumnya.
·                     Teknologi sebagai Produk Rancang Bangun, yaitu teknologi sebagai hasil dari proses pengerjaan sesuatu, bisanya dalam bentuk alat, benda-benda tertentu, prosedur-prosedur terntentu, atau biasanya dikelompokan menjadi perangkat keras dan perangkat lunak.
B.                 Konsep Informasi.
Informasi adalah sekumpulan atau serangkaian data yang telah mengalami pengolahan dan memiliki arti serta siap untuk dipakai, misalnya untuk pengambilan keputusan atau untuk menjelaskan sesuatu kepada orang lain.


C.                 Konsep Komunikasi
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari sumber pesan ke penerima pesan, baik yang dilakukan oleh satu orang, atau antara satu seseorang dengan orang lain dengan menggunakan media atau tanpa menggunakan media.
2.                  TIK berbasis Komputer

Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. Arti lainnya, segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronik, seperti mikro komputer, komputer mainframe, pembaca barcode, software pemroses transaksi perangkat lunak untuk lembar kerja, peralatan komunikasi dan jaringan. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari pengirim (komunikator atau sender) menggunakan simbol atau lambang tertentu baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan umpan balik TIK diartikan sebagai proses penyampaian data menggunakan alat komunikasi sehingga terjadi sistem pengiriman data. 
TIK merupakan teknologi terpadu sebagai tahap lanjut dari teknologi cetak, audio-visual, dan TIK berbasis komputer. TIK berbasis komputer merupakan cara-cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan perangkat yang bersumber pada mikroprosesor. TIK berbasis komputer menampilkan informasi kepada pembelajar melalui tayangan di layar monitor. Berbagai aplikasi komputer biasanya disebut computer-based intruction (CBI), computer assisted instruction (CAI), atau computer-managed instruction (CMI).Teknologi terpadu merupakan cara untuk memproduksi dan menyampaikan bahan dengan memadukan beberapa jenis media yang dikendalikan komputer. Keistimewaan teknologi ini, yaitu tingginya interaktivitas pembelajar dengan berbagai macam sumber belajar.


3.                  Yang dapat dimanfaatkan dari internet untuk menunjang pembelajaran
Media pembelajaran internet yang  bisa dimanfaatkan untuk  menunjang pembelajaran dianataranya;
A.                Media Jejaring Sosial misalnya Facebook:   Facebook merupakan media jejaring sosial paling banyak digemari di seluruh dunia bahkan kini sudah merambah Indonesia. Tak terkecuali orang Tua, muda, pegawai, pejabat, pendidik dan semua kalangan menjadi penggemar Facebook. Tentunya pemanfaatan facebook ini pasti akan digandrungi oleh para murid karena disana mereka bisa belajar sambil bersenang-senang, bahkan pada saat ini sudah banyak link yang berisikan tentang pelajaran dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang prakti.

B.                 Web: Web browsing adalah kegiatan penelusuran sumber informasi yang dibutuhkan. Perlu diketahui bahwa saat ini sumber informasi yang terkaya dan terkini adalah internet. Beberapa bentuk sumber informasi yang dapat diperoleh antara lain adalah buku elektronik (e-book), jurnal, majalah, surat kabar, artikel, materi pembelajaran siap pakai, rencana pembelajaran, gambar, suara, video, dan laporan hasil penelitian. Dengan kata lain, internet dapat dianggap sebagai perpustakaan elektronik (e-library). Oleh sebab itu, kehadiran internet ini seyogyanya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh guru untuk memperkaya sumber bahan ajarnya.

C.                  E-mail : email adalah fasilitas internet yang digunakan untuk berkorespondensi, mengirim dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Dengan fasilitas ini, guru dapat mengirim tugas kepada siswa, dan sebaliknya siswa dan menyetor tugasnya. Bahkan pada tingkat perguruan tinggi, mahasiswa memanfaatkan fasilitas ini untuk mengkonsultasikan tugas akhirnya dan koreksi dapat secara langsung dilakukan oleh dosen pada naskah tugas akhir yang dikirim oleh mahasiswanya. Guru atau siswa dapat pula menggunakan fasilitas ini untuk mengikuti milis (mailing list) sesuai bidang yang diminati, misalnya budaya, teknologi informasi, dan sains.

D.                Blog: blog adalah sebuah medium untuk penyampaian informasi dengan menggunakan jaringan internet, dengan cara yang lebih egaliter dan dengan semangat globalisme, karena informasi tidak cuman milik media mainstream aja, setiap individu juga bisa menyampaikan suaranya, yang sering kali lebih cepat, bebas dan variatif  karena tidak berada dibawah suatu jaringan korporat. Bisa dibilang blog adalah New Media for Information and Culture. Kehadiran blog sebagai sumber informasi baru sudah mulai menunjukan signifikansinya karena para pembacanya membutuhkan informasi yang mungkin tidak terdapat di media mainstream dan untuk mendengar suara-suara yang selama ini belum terdengar tanpa kehadiran jaringan internet. Atau dalam kata lain kalo kamu kepingin mencari tau tentang sesuatu yang agak sulit di cari di media mainstream, kemungkinannya akan sangat besar kamu akan mendapatkannya lewat blog seseorang, kalo gak dapet, yah bikin sendiri aja.

E.                 Situs pembelajaran online
Situs pembelajaran online seperti Cyber learning school community CLSC merupakan sebuah situs pembelajaran atau lebih dikenal dengan istilah eLearning, yang dipersiapkan untuk digunakan oleh pelajar dan guru di Indonesia sebagai fasilitas untuk belajar dan berbagi konten pembelajaran ke semua penguna antar sekolah yang terdaftar. Sistem ini menerapkan social network sebagai basis fiturnya. Banyak hal yang melatarbelakangi pembuatan CLSC ini.


4.                  Posisi TIK dalam pembelajaran
Dalam era globalisasi, posisi TIK sangat penting untuk membangun dan membudayakan masyarakat berbasis pengetahuan agar dapat bersaing, sebagai tuntutan kemajuan teknologi di masa ini. Dalam pembelajaran,  TIK dapat diintegrasikan dalam proses pembelajaran sehingga dapat membuat proses pembelajaran lebih bervariatif dan modern. TIK memiliki posisi/kedudukan  dalam pembelajaran, diantaranya (1) produktivitas; (2) alat bantu pembelajaran; (3) akses informasi; (4) manajemen pendidikan; (5) penelitian; (6) kerja kolaborasi; dan (7) hiburan.


5.                  Pemahaman Mengenai TIk
Teknologi Informasi Dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
·                     Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
·                     Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Jd Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.
Penerapannya di lingkungan pendidikan/pembelajaran dapatlah dikatakan bahwa TIK mencakup perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi dan infrastruktur yang fungsinya berkaitan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.
Pemahaman mengenai TIK tidak lagi hanya sebatas pada hal-hal yang canggih (sophisticated), seperti komputer dan internet, tetapi juga mencakup yang konvensional, seperti bahan cetakan, kaset audio, Overhead Transparancy (OHT)/Overhead Projector (OHP), bingkai suara (sound slides), radio, dan TV.

Sumber Rujukan:
Ø  Sites.google.com/Hilyatullah-google sites
Ø  Udintou.blogspot.com
Ø  Dailynotestoha.blogspot.com
Ø  Desicahyani.wordpress.com
Ø  Estiqal.blogspot.com
Ø  Inueniyasha77.blogspot.com
Ø  Deviselviani3.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar